Musik Gratis dari Webradio

Wednesday, April 20, 2011
music1


Rock klasik, pop, blues, jazz, klasik, hingga dangdut, semuanya bisa Anda dapatkan dengan gratis melalui web radio. Anda pun bisa merekamnya tanpa batas.
Men-download musik da ri Internet pada dasarnya termasuk kegiatan  ilegal dan dapat terancam hukuman. Para industri musik terus mendengungkan hal ini agar pencinta musik bisa mendapatkan lagu-lagu favoritnya secara legal. Namun, jika Anda cerdik, masih ada cara lain untuk mendapatkan musik dari Internet.
Bagaimana mendapatkan musik secara gratis? Akses saja webradio di Internet. Ingin mendapatkan musiknya? Rekam melalui aplikasi recorder dari PC Anda. Namun, untuk mendapatkan kualitas musik yang bagus, Anda harus mendapatkan kecepatan siaran webradio minimal 128 kbps.

Di Internet, ada ribuan webradio dari berbagai jenis stasiun radio yang ada di dunia. Untuk mendapatkan musik yang dipancarkan melalui webradio, dibutuhkan koneksi Internet yang relatif cepat dan software khusus untuk menerima dan merekam siarannya. Arsip MP3 Anda bahkan bisa penuh dengan sendirinya jika perekam web merekam secara paralel dari beberapa stasiun. Lagu bisa diberi nama berdasarkan ID3 tags.

Rekaman: masalah pada editing

CHIP menguji beberapa aplikasi untuk webradio untuk kebutuhan artikel ini. Tugas inti aplikasi untuk webradio adalah menerima dan merekam radio-stream. Selain itu, aplikasi ini juga harus dapat  menyusun ribuan stasiun radio dalam sebuah daftar yang detail. Dari aplikasi yang diuji, semuanya bisa bekerja dengan baik. Hanya saja, dalam penentuan jenis musik, ada aplikasi yang tidak bisa diandalkan. Salah satu aplikasi bernama Radio.fx dapat menyusun daftar radio favorit de ngan bentuk tombol stasiun biasa sehingga memudahkan penggunanya dalam  memilih stasiun radio favorit. Namun, Radio.fx tidak dapat merekam ratusan radio dalam waktu yang bersamaan.
Untuk memecah proses perekaman menjadi beberapa lagu, aplikasi webradio kurang bisa diandalkan jika Anda ingin mendapatkan awal dan akhir lagu yang benar-benar bersih secara otomatis. Semuanya tergantung dari kecepatan jari-jari Anda dalam mengatur tombol fungsi agar terhindar dari suara penyiar atau jing le iklan. Namun, aplikasi webradio dapat mengidentifikasi awal dan akhir lagu berdasarkan ID3 tags sehingga masalah di atas dapat diminimalkan. Hanya Radio.fx yang bekerja dengan tag-list (info program dari stasiun radio) sehingga dapat mengedit lagu dengan tepat. Sayangnya, fungsi ini baru berfungsi beberapa saat setelah proses perekaman berjalan.
music2
Radio tracker Banyak fungsi pada satu tampilan membutuhkan sedikit adaptasi.
music3
Webradio Recorder Memiliki tampilan Windows style untuk memudahkan penggunanya.

Sumber Musik Gratis di Internet

Merekam radio secara stream merupakan metode terbaik untuk membangun koleksi musik pribadi Anda. Namun, Anda harus jeli untuk membangun koleksi musik Anda dari Internet. Hindari cara ilegal untuk kebutuhan ini.

Filesharing

Sistem tukar ala BitTorrent atau eMule dan kelompok Usenet menawarkan pilihan yang lebih baik dan terarah dari aplikasi perekam webradio. Namun, keduanya dilarang keras, tidak hanya untuk menawarkan, tetapi juga untuk men-download musik yang dilindungi hak cipta.

Download Portal

Bagi Anda yang tidak ingin repot untuk mendapatkan lagu dari Internet, Anda bisa memanfaatkan website dari artisnya sendiri. Namun, artis yang berpromosi gratis dalam website-nya merupakan artis yang kurang populer. Banyak artis yang tidak terikat dengan sebuah label musik besar menyediakan lagu-lagunya di Internet secara gratis. Memang, untuk mencarinya di Internet agak susah kecuali Anda tahu nama dan album dari artis yang ingin Anda download lagu-lagunya. Musik gratis jugaga bisa didapatkan dari lagu-lagu yang dijadikan jingle iklan. Anda bisa masuk ke website sebuah produk yang menggunakan lagu dari artis ternama.
Kedua metode tadi tidak seratus persen menghasilkan lagu yang bersih (di awal dan akhir lagu). Mengedit secara manual dengan editor MP3 tetap menjadi cara yang jitu untuk menghasilkan lagu yang benar-benar bersih dari gangguan suara lain.  Radio.fx, Nexus Radio, dan Radiotracker menawarkan beberapa fungsi yang elegan. Judul lagu bahkan dapat ditampilkan sejenak dengan lembut. Audio 180% kadang gagal dalam auto-edit dan memecah lagu menjadi 2 bagian, dengan bagian pertama hanya 1-2 detik.
Bagi Anda yang ingin memasukkan rekaman lagu langsung ke dalam koleksi mu siknya bisa menggunakan Radiotrac k er. Program ini tidak hanya mengizinkan penetapan folder rekam, tetapi juga men de finisikan tujuan dan nama yang fleksibel.

Ekstra: lebih dari merekam

Aplikasi perekam radio sampai saat ini belum bisa menampilkan website radio dalam tabel dan merekam lagu dengan bersih. Di dalam tes, CHIP juga melihat fungsi-fungsi tambahan yang ada di aplikasi webradio. Salah satu fungsi yang berguna adalah editor MP3. Fungsi ini sangat penting untuk mengedit awal dan akhir lagu. Semua aplikasi yang diuji memiliki fungsi ini walaupun ada yang tampil dalam bentuk sederhana sekali.
Poin tambahan lainnya adalah sebuah fungsi pembakar untuk cakram CD atau DVD, konverter format audio, dan option-option untuk mengekspor lagu pilihan ke MP3-player atau ponsel. Hanya Radiotrack er dan Audio 180% yang menawarkan  fungsi tambahan paling banyak. Audio 180% merupakan satu-satunya peserta yang menggunakan bahasa selain Inggris.
Sebuah pengelolaan musik sederhana untuk mengorganisir lagu rekaman atau yang sudah ada juga ditawarkan semua peserta. Namun, untuk pengelolaan lagu yang besar, disarankan menggunakan Windows Media Player, Media Center Vis ta dan Windows 7, atau program spesialis seperti Media Monkey.

KESIMPULAN

Perbedaan pada perekam webradio terletak dalam ‘Look & Feel’ serta detil. Secara fungsional, program yang paling mumpuni dalam tes adalah Radiotracker, tetapi tampilannya terlalu ramai dan membutuhkan sedikit adaptasi. Pengoperasian paling mudah ada pada Radio.fx. Sayangnya, freeware belum bisa diandalkan untuk bersaing dengan program pro untuk masalah perekaman lagu lewat Internet ini.

0 comments:

Post a Comment